SEKDA BERI PENGUATAN BPD SE-BOLTIM

  • Dec 12, 2022
  • Admin Desa Tomsel
  • Bimbingan Teknis

Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten Boltim, Ir. Sonny Warroka, Ph.D, menjadi pemateri pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD), yang digelar di Ballroom Hotel Sutanraja Kotamobagu, Selasa (6/12/2022).

Adapun hari ini, merupakan hari ke dua pelaksanaan Bimtek yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Boltim.

“Tujuan digelarnya kegiatan ini adalah untuk memberi penguatan serta menanamkan tugas dan fungsi pokok sebagai BPD. Semoga dengan digelarnya kegiatan ini akan membawa perubahan yang lebih baik di desa,” tutur Sekda usai memberikan materi kepada BPD Boltim.

http://boltimkab.go.id/web_boltimkab/asset/images/021.jpg
 


 

Selain itu kata Sekda, yang ditekankan kepada anggota BPD adalah peran mereka dalam menjabarkan kebijakan–kebijakan pemerintah daerah.

“Salah satu contoh yang harus dijabarkan oleh anggota BPD adalah pelaksanaan visi dan misi dari pak Bupati. Dimana kalau dilihat dari visi pak Bupati, itu berkaitan dengan pedesaan, yang artinya kalau arahnya di pedesaan tentu peran desa juga sangat besar, begitupun dengan BPD,” ujarnya.

Menurut Sekda, kalau BPD melakukan peran dan fungsinya dengan benar akan berdampak luar biasa bagi kemajuan desa. Sebagaimana dalam Undang – Undang No.6 tahun 2014 pasal 55 tentang Desa, dijelaskan bahwa BPD berfungsi membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama dengan kepala desa, menampung dan menyampaikan aspirasi masyarakat desa, serta mengawasi kinerja kepala desa.

“Bagaimana penjabaran program pemerintah kabupaten ke desa dan bagaimana progam desa yang lahir dari aspirasi masyarakat. Sebab kalau tidak menjalankan peran dan fungsinya maka tidak akan ada kontrol terhadap pembangunan di desa. Itulah pentingnya sehingga dilakukan peningkatan kapasitas BPD ini,” terangnya.

“Minimal bangkitkan motivasi dan semangat bahwa peran  BPD ini penting  bukan hanya pelengkap. Ada peran dan fungsi besar BPD didesa,” tambahnya.